Selasa, 22 Desember 2009

Perangkat NorhTec Gecko Surfboard Sebagai Perangkat Komputer Paling Hemat Di Dunia Saat Ini

norhtec_surfboard_sm

Tahukah Anda, perangkat komputer yang paling hemat di dunia? sepertinya Anda tak perlu jauh-jauh beranjak, pasalnya kini telah hadir sebuah perangkat komputer yang dinobatkan sebagai perangkat komputer paling murah (harganya) dan paling efisien (energi yang digunakannya) di dunia.

Perusahaan Gecko yang berbasis di Thailand baru-baru ini telah memperkenalkan perangkat buatan terbarunya yang disebut-sebutnya sebagai perangkat komputer desktop yang paling hemat di dunia. Perangkat tersebut tak lain adalah Gecko Surfboard yang dirancang sebagai sebuah perangkat PC berbasis Linux yang dibangun menjadi keyboard.

Meski tampak seperti sebuah standar keyboard QWERTY biasa, tapi perangkat Surfboard ini sebenarnya adalah sebuah perangkat komputer yang dilengkapi dengan 1GHz x86 SoC (system on chip), 512MB DDR2 RAM dan SD/SDHC card atau 2.5-inch IDE hard drive. Dan yang lebih hebatnya lagi, perangkat ini ternyata mampu mengoperasikan tanpa kipas sedikitpun (fanlessly) dan penggunakan daya listriknya pun hanya lima Watt saja. Sungguh efisien, bukan?

norhtec_surfboard_rear_sm

Perangkat Gecko Surfboard menawarkan VGA dan komposit video output. Selain itu, juga mendukung jaringan Ethernet LAN dan opsional WiFi dan 3G. Ada dua port USB 2.0 dan port serial.

Mengenai harga di pasaran, versi Linux perangkat PC keyboard ini hanya dibandrol sebesar 99 USD atau sekitar 990 ribu rupiah. Sedangkan perangkat dan versi Windows XP perangkat PC keyboard ini akan dijual dengan harga sekitar 150 USD atau sekitar 1,5 juta rupiah saja. Wow, Anda berminat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar