Senin, 07 Desember 2009

Google Berencana Untuk Siarkan TV di Youtube

youtube_logo-300x225Akankah Anda mau mengeluarkan uang untuk menonton sebuah acara di TV? Tentu akan berpikir dua tiga kali untuk melakukannya bukan, apalagi kalau Anda bisa menonton tayangan tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Tapi tampaknya hal ini tak membuat pihak Google bergeming dengan niatnya yang mana tetap ingin melanjutkan rencananya untuk membuka layanan streaming acara TV pada Youtube, dimana nantinya setiap individu yang akan mengaksesnya akan dikenai biaya dan tayangan tersebut tidak akan ada iklan sama sekali.

Saat ini, pihak Youtube sendiri telah memberikan akses ke beberapa acara TV secara gratis pada pengguna namun dengan iklan. Mengambil konsep yang juga ditawarkan oleh pihak Apple dan Amazon, rencananya pihak Google akan menarik biaya langganan sebesar 1.99 USD atau sekitar 20 ribu rupiah per episode, tayangan ini sendiri akan diambil sehari setelah disiarkan di TV.

Berbeda dengan pihak Apple dan Amazon, di Youtube, Google tak memberikan akses untuk mengunduh tayangan, sekalipun penggunanya telah membayar untuk itu. Padahal biaya yang dibayarkan Google ke pihak studio TV sama besarnya dengan apa yang dikeluarkan bila konten tersebut bisa diunduh pengguna.

Eksekutif di Youtube sendiri bersikeras dengan perbedaan persepsi yang ada, dimana mengatakan bahwa beliau mengutip hasil penelitian dimana kebanyakan orang yang mengunduh episode TV tersebut hanya akan menontonnya satu kali saja.

Tampaknya dengan kehadiran layanan baru ini pihak Google sudah mulai siap untuk bersaing dengan Apple dan Amazon. Terlebih dengan pihak Hulu dan Comcast yang juga menawarkan jasa menonton TV dari mana saja. Akankah layanan sukses di pasaran? Kita lihat saja nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar