Kamis, 18 Maret 2010

teknologi di batu nisan untuk mengenang orang yang sudah meninggal


Masih ingat dengan sistim barcode (QR Code) di batu nisan? Kali ini ada teknologi sejenis yang juga akan membuat kita bisa mengenang seseorang yang telah meninggalkan kita dengan kemajuan teknologi.

RosettaStone adalah sebuah plakat kecil (terbuat dari granite dan travertine) yang nantinya ditempel di batu nisan yang berisi informasi tentang orang yang meninggal tersebut.

Berbeda dengan sistim QR Code, RosettaStone memadukan antara seni dan teknologi karena apa yang diukir di plakat tersebut nantinya bisa diakses dengan ponsel yang memiliki fitur NFC-RFID (Near Field Communication RFID) dan punya koneksi internet.

Sama seperti QR Code, pada saat ponsel ditempelkan di plakat tersebut, otomatis akan masuk ke sebuah URL/ web yang berisi informasi orang yang sudah meninggal tersebut.

Jika ponsel anda tidak punya teknologi tersebut, bisa juga dengan memasukkan alamat web/ URL yang juga dicantumkan di plakat tersebut.

Sayangnya RosettaStone dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu US$ 195 (sekitar hampir Rp. 2 juta), sepertinya penerapan QR Code lebih murah walaupun tidak sebagus RosettaStone dari segi tampilan. :-)

Teknologi RFID untuk orang yang sudah meninggal juga sudah digunakan walaupun dengan fungsi yang berbeda. Masih ingat dengan "Nirchiryoku: rumah pemakaman dengan teknologi RFID"?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar