Selasa, 17 November 2009

Akankah Nvidia Putar Haluan Untuk Masuk Pasaran X86

gtx280_teaser

Mulai tampak seperti pembuat chip grafis saja, pasalnya Nvidia kini sedang membangun program pengembangan X86 sendiri menggunakan staf dari Transmeta.

Amtech analyst Doug Freedman mengatakan satu-satunya penjelasan untuk keperluan yang mendesak selama ini adalah bahwa Nvidia mempertimbangkan pindah ke pasar CPU x86. Freedman berpikir bahwa kebutuhan yang sesuai untuk mempertahankan kedua andalanyanya yaitu pendapatan GPU dan chipset dan mendorong ke pasarN x86 adalah cara yang terbaik ke depannya.

Nvidia terlibat dalam perselisihan dengan Intel atas hak untuk mengembangkan chipset bagi prosesor Intel masa depan. Dalam jangka panjang akan sulit untuk menjual chipset nVidia dan tidak dapat beralih ke AMD karena sudah ada ATI di sana.

Freedman beralasan bahwa jika Nvidia tidak bisa menjual suku cadang bersama prosesor Intel atau AMD, tentunya Nvidia harus menjual chip sendiri.

Lebih dari 30 persen dari pendapatan Nvidia berasal dari chipset, sehingga keluar dari bisnis chipset hanya akan terlalu banyak tekanan pada produk Nvidia lainnya. Freeman akan membalikkan perkirakan banyak orang bahwa Nvidia akan keluar dari bisnis chipset, tapi drive perekrutannya tampaknya masih sebatas gagasannya.

Dia mengatakan bahwa Nvidia dapat segera masuk ke target utamanya bisnis CPU x86 dan area kinerja yang rendah daripada Core i7 mengakhiri pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar